Kamis, 25 Juni 2020

Sudah Tahu Kegiatan Utama Manajemen Keuangan Dalam Perusahaan? Yuk Simak Disini

Sudah Tahu Kegiatan Utama Manajemen Keuangan Dalam Perusahaan? Yuk Simak Disini

Manajemen keuangan atau juga bisa disebut manajemen finansial merupakan suatu aktivitas penganggaran, perencanaan, pengelolaan, pemeriksaan, penyimpanan, dan pencarian dana oleh suatu organisasi atau perusahaan. Banyak yang menganggap bahwa kegiatan manajemen finansial hanya mencatat uang secara akuntansi, dan juga tanggung jawab bidang keuangan. Padahal manajemen finansial memiliki 3 kegiatan utama dalam sebuah bisnis. Apa saja? Yuk simak dalam ulasan ini.

Kegiatan Utama Manajemen Finansial dalam Perusahaan


1. Mendapatkan Dana Perusahaan

Kegiatan satu ini memiliki tujuan untuk memperoleh sumber pendanaan untuk keberlangsungan bisnis. Baik itu dana yang berasal dari internal ataupun eksternal perusahaan. Sumber dana sendiri terdiri dari ekuitas dan utang. Pendanaan ekuitas bisa juga disebut sebagai dana internal perusahaan, dimana dana yang hanya bisa dipenuhi dari dalam perusahaan. Contohnya seperti tabungan individu, investor perorangan lain, dan juga penjualan saham.

Sedangkan utang atau dana eksternal yang diolah dalam manajemen keuangan ini, merupakan dana yang berasal dari pihak luar perusahaan dan berasal dari modal baru atau berutang. Modal baru berarti perusahaan menerbitkan saham baru. Sedangkan berutang berarti perusahaan akan dihadapkan dengan utang jangka panjang dan pendek. Selanjutnya,  manajemen akan mengelola dana yang diperlukan agar bisnis terus berjalan sekaligus melakukan alokasi.

2. Menggunakan Dana Perusahaan

Menggunakan dana perusahaan dimaksudkan sebagai kegiatan dalam menggunakan atau menginvestasikan dana yang ada, menjadi berbagai bentuk aset. Kemudian, penggunaan dana ini akan dibuat dalam bentuk laporan perubahan yang disusun berdasarkan dua neraca untuk dua waktu. Dimana laporan ini menggambarkan perubahan dari masing masing elemen neraca, yang mencerminkan adanya sumber atau penggunaan dana.

Penggunaan dana perusahaan yang dicatat dalam manajemen keuangan, salah satunya untuk membayar kewajiban atau hutang yang sudah jatuh tempo. Terutama utang jangka panjang yang bisa menyebabkan pailit jika perusahaan tidak bisa memenuhi pembayaran. Selain itu, dana perusahaan juga digunakan untuk membiayai kegiatan operasional perusahaan agar bisnis berjalan dengan lancar.

Perusahaan juga bisa menggunakan dana  untuk melakukan investasi atau pengembangan usaha dalam bentuk aktiva tetap. Seperti membangun gedung baru, membeli sarana dan prasarana baru untuk mengembangkan usaha, serta untuk perluasan usaha. Dan tentu saja dalam menggunakan dana perusahaan ini, manajemen financial mengambil keputusan yang sudah disesuaikan dengan tujuan dari perusahaan dan sudah disetujui oleh direksi ataupun pemimpin perusahaan.

3. Mengelola Aset Perusahaan

Kegiatan lain yang dilakukan oleh manajemen keuangan adalah mengelola aset perusahaan. Dimana kegiatan ini dilakukan setelah mendapatkan dana, kemudian diinvestasikan atau dialokasikan dalam bentuk aset (aktiva). Biasanya aset ini dimiliki untuk bisa mendapatkan keuntungan ataupun untuk meningkatkan nilai bisnis. Jika dilihat dari fungsinya, maka aset bisa digunakan untuk berbagai keperluan seperti perpajakan, akuntansi, atau mengukur kesehatan keuangan perusahaan.

Dimana dana perusahaan dalam bentuk aset ini harus dikelola secara efisien dan efektif. Oleh karena itu perusahaan harus membagi keuntungan yang didapatkan, ke dalam jenjang waktu tertentu. Contohnya seperti intensif atau bonus yang bisa dibagikan secara merata untuk karyawan di kantor, ataupun untuk orang yang dianggap telah memberikan keuntungan bagi perusahaan.

Itulah tiga kegiatan utama yang dilakukan oleh manajemen finansial dalam suatu perusahaan. Adanya manajemen finansial yang baik dalam sebuah perusahaan atau organisasi, tentunya bisa membuat bisnis menjadi lebih berkembang dan juga memiliki kontrol keuangan yang semakin baik. Setelah membaca ulasan ini, diharapkan Anda akan lebih tau beberapa hal terkait dengan manajemen finansial.

0 komentar:

Posting Komentar