Kamis, 24 September 2020

Gamers Wajib Tahu! Berikut Perkembangan Game Mobile Dan Ponsel Dalam Satu Dekade

Industri game di Indonesia semakin hari semakin berkembang. Hampir setiap penjuru di daerah baik anak anak maupun orang dewasa memainkan game di ponsel mereka. Dengan semakin banyaknya inovasi game, juga turut membawa perubahan mode ponsel yang semakin canggih. Tak jarang, ponsel kini didesain menyesuaikan game favorit semua kalangan. Berikut akan dibahas mengenai perkembangan game mobile dan ponsel di Indonesia.

Perkembangan Game Di Indonesia Dalam Satu Dekade

1. Game Dengan Genre Endless-Running And Casual


Game Dengan Genre Endless-Running And CasualGame Dengan Genre Endless-Running And Casual

Menjelang akhir tahun 2011, game dengan genre endless-running mulai menggantikan posisi tap and slide. Salah satu game endless-running yang paling banyak jumlah pengunduhannya adalah Temple Run. Game yang satu ini memiliki visualisasi yang membuat pemainnya merasa tertantang. Permainan tersebut mengesahkan seseorang yang harus berlari dan menghadapi tantangan sembari dikejar makhluk buas.

Melihat kesuksesan Temple Run, game serupa hadir dengantampilan baru yang lebih modern dan menyegarkan, yakni Subway Surfers. Game ini dilengkapi dengan fitur menarik berupa kostumisasi karakter. Hal ini juga menjadi salah satu alasan game ini paling banyak dimainkan. Karena game ini memiliki ukuran yang sedikit besar, tips memilih hp untuk game ini setidaknya harus memiliki memori internal yang besar agar muat untuk menyimpan data.

2. Game Dengan Mode Tap and Slide 


Game Dengan Mode Tap and Slide

Mode tap and slide sebenarnya sudah lebih dahulu menarik minat masyarakat, bahkan mode ini mengawali perkembangan dunia permainan. Salah satu permainan tersebut adalah Angry Birds. Permainan ini dirilis pertama kali pada tahun 2009. Namun pada pertama kali peluncuran, Angry Bird tidak menumbuhkan antusias yang tinggi bagi masyarakat Indonesia. Setelah game ini mulai ramai dan menjadi permainan populer di Inggris, permainan ini juga mulai ramai di Indonesia.

Setelah Angry Bird menjadi populer, pengembang game ini langsung memberikan akses gratis untuk berbagai versinya. Sebelumnya jika ingin memainkan game ini, pemain harus membayar item dan fitur lainnya. Namun, kini anda bahkan bisa memainkannya tanpa akses internet. Hal ini tentunya, semakin menarik minat masyarakat untuk memainkan salah satu perkembangan game mobile berupa Angry Bird ini. 

3. Game Online Multiplayer


Game Dengan Mode Tap and Slide

Perkembangan mobile gaming di tahun 2012 sudah mulai menarik perhatian. Di tahun tersebut muncul beragam game online menarik seperti Clash Of Clans. Game ini mengajak pemain untuk membuat pasukan dan membangun desa untuk menyerang desa lain. Game ini memang terlihat sangat sederhana, mengingat tidak harus bertatap muka dengan musuh secara langsung. Namun, permainan ini sangat seru apabila dimainkan bersama.

4. Era Baru Mobile Legends Dan Free Fire


Era Baru Mobile Legends Dan Free Fire

Mobile Legends pertama kali dirilis dan diluncurkan pada Juli 2016. Tak berselang lama, game ini langsung meledak di pasaran dan memasuki peringkat pertama mobile gaming yang paling banyak di unduh untuk itu. Tips memilih hp untuk game ini harus memilih perangkat bermemori internal besar. Hal ini dikarenakan, permainan ini memiliki ukuran file yang sangat besar. Sekitar akhir 2019, Free Fire muncul dan menyabet peringkat unduhan paling banyak.

Itulah beberapa perkembangan mobile gaming dalam satu dekade. Seiring dengan kemajuan teknologi, perkembangan game juga akan terbaharui. Dengan berkembangnya teknologi, permainan mobile dirasa memiliki masa depan yang cerah di Indonesia. Hal ini dikarenakan, semua bentuk game baik yang dimainkan di ponsel maupun PC akan selalu menjadi primadona bagi kaum milenial. Seperti game, ponsel juga kian berkembang mengikuti arus.

0 komentar:

Posting Komentar