Minggu, 27 September 2020

Info Seputar Bandara Baru Yogyakarta yang Harus Diketahui

Info Seputar Bandara Baru Yogyakarta yang Harus Diketahui
Sumber : https://yogyakarta-airport.co.id/frontend/uploads/defaults/RpTlT320190918151431.jpg
Jika Anda sudah beberapa kali datang atau berlibur ke Yogyakarta, tentu Anda tidak asing dengan Bandara Adisucipto. Bandara kecil yang masuk dalam bandara tersibuk di Indonesia ini kini memiliki teman baru yang tak kalah baik pelayanannya. Benar sekali, saat ini bandara baru di Yogyakarta, dengan nama Bandara Internasional Yogyakarta (BIY) atau Yogyakarta International Airport, telah resmi dibuka. Dengan begitu, sudah ada beberapa penerbangan domestik yang dipindah dari Bandara Adisucipto ke bandara yang ada di Kabupaten Kulon Progo ini. Sebelum mengakses berbagai layanan di sini, ketahui terlebih dahulu info pentingnya.

Penerbangan Internasional

Bandara Internasional Yogyakarta (BIY) baru saja beroperasi awal tahun 2020 sehingga untuk penerbangan internasional masih dalam tahap perkembangan. Meskipun begitu, BIY telah melayani penerbangan ke luar negeri untuk beberapa negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia. BIY juga melayani pengurusan Visa On Arrival (VOA) bagi teman atau kerabat Anda dari luar negeri (Warga Negara Asing) yang ingin berlibur ke Indonesia, khususnya Yogyakarta. Langsung saja mengurusnya ke kantor pemeriksaan imigrasi di sana.

Penerbangan Domestik

Sedangkan untuk penerbangan domestik, BIY telah melayani beberapa maskapai terpercaya yang bisa Anda akses. Diantaranya adalah Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, dan Sriwijaya Air. Kemudian simak panduan kedatangan berikut ini.

  1. Dari terminal kedatangan, carilah lalu ikuti petunjuk “kedatangan” menuju pengambilan bagasi. Jangan lupa untuk memeriksa layar informasi yang sesuai dengan maskapai penerbangan yang Anda gunakan beserta jadwal kedatangannya.
  2. Anda tak perlu khawatir kesulitan membawa beberapa bagasi sekaligus karena terdapat fasilitas trolley di area pengambilan bagasi tersebut. Bahkan Anda juga dapat menggunakan jasa porter dengan tarif kurang lebih Rp5000 per koli. Ketahui dan hafalkan nomor porter yang membantu Anda untuk mempermudah Anda membuat laporan jika ada hal-hal yang tidak diinginkan.
  3. Kemudian staf maskapai akan membantu Anda melakukan pemeriksaan sesuai dengan tagihan bagasi Anda. Hal ini untuk memastikan kepemilikan bagasi dan tidak membawa barang-barang yang dilarang oleh peraturan pemerintah daerah maupun pusat.
  4. Jika Anda merasa kehilangan koper atau bagasi Anda, segera hubungi staf maskapai yang bertugas di konter Lost and Found.
  5. Setelah mengambil bagasi, kemudian Anda akan keluar hingga Hall Kedatangan. Area ini juga merupakan tempat penjemputan (Pick Up Zone). Jika Anda terbiasa dengan perjalanan dari terminal kedatangan hingga pintu keluar yang pendek, maka Anda akan menemukan perjalanan ini sedikit membutuhkan waktu yang lebih banyak karena luasnya kompleks Bandara Internasional Yogyakarta.
 

Fasilitas dan Pelayanan

Dilihat dari namanya saja, bandara baru ini bertaraf internasional sehingga fasilitas dan pelayanan yang diberikan tentu saja lengkap. Mulai dari tempat penukaran uang (money changer), pusat ATM, ruang pengisian daya baterai, hingga beberapa cafe dan tempat makan yang memiliki banyak pilihan di lantai 1. Anda juga dapat mengakses lounge yang ada di lantai 2 jika memiliki waktu tunggu penerbangan yang cukup lama. Kemudian untuk pusat ibadah, BIY juga memiliki masjid yang bisa menampung hingga ratusan orang. Untuk info lokasi yang lebih lengkap, Anda dapat mengakses peta bandara yang ada di website resmi Bandara Internasional Yogyakarta.

Transportasi Menuju Bandara

Lokasi BIY yang ada di Jalan Wates – Purworejo, Glagah, Kecamatan Temon, Kulon Progo ini membutuhkan setidaknya waktu 45 menit hingga 60 menit untuk sampai ke Kota Jogja. Oleh karena itu, pemerintah telah menyiapkan beragam transportasi yang bisa Anda akses untuk pergi dari BIY ke -dan dari- kota Yogyakarta. Beberapa transportasi yang dapat Anda akses adalah Kereta Bandara dari stasiun Wojo, bus antar kota, hingga taxi. Khusus untuk jasa taxi, Anda dapat memesannya melalui konter resmi yang ada di Public Hall bandara.

Kini, Anda akan lebih siap berkunjung ke Yogyakarta dan menikmati beragam wisata di sana. Jangan lupa mengunjungi Wonderful Indonesia untuk mengakses info lengkap wisata di Indonesia lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar