Kamis, 29 Oktober 2020

Mengintip 3 Program Pembelajaran Anak Usia Dini Yang Ada Di Tanoto Foundation

Mengintip 3 Program Pembelajaran Anak Usia Dini Yang Ada Di Tanoto Foundation

Mungkin banyak dari kita yang tahu mengenai Tanoto Foundation. Dengan tujuan ingin meningkatkan kualitas pendidikan serta taraf hidup masyarakat, Tanoto Foundation memiliki berbagai program. Salah satunya yaitu lingkungan belajar pada pendidikan anak usia dini. Terdapat beberapa Program yang dijalakan agar anak-anak Indonesia Cinta Membaca dan menjadikannya sebagai kebiasaan.

Berikut Program Pendidikan Anak Usia Ini Oleh Tanoto Foundation

1. SIGAP

Mengembangkan pendidikan anak usia dini dari pilar lingkungan belajar merupakan tujuan dari Tanoto Foundation. Diharapkan ekosistem pendidikan, kualitas guru PAUD, serta orang tua, mengalami perubahan yang baik pada tahap awal pembelajaran. Program SIGAP dididirikan untuk mengembangkan anak di usia dini. Program ini juga membahas mengenai peran keluarga dalam pengembangan dan pendidikan anak usia dini. 

Peran keluarga itu teramat penting dalam perkembangan anak. Banyak orang yang belum memahami mengenai stimulus yang baik bagi anak usia dini, seharusnya mereka menekankan bermain sambil belajar, bisa dimulai dengan membiasakan membaca didepan anak. Hal itu akan menjadikan kegiatan itu sebagai contoh. Dengan begitu, anak Indonesia Cinta Membaca dan berdampak pada kualitas hidup mereka.

2. ChaMP

Program ini berfokus pada kesehatan anak usia dini dan kesehatan ibu. Program ini memiliki beberapa fokus diantaranya; melakukan penelitian dan mengembangkan praktik yang baik dalam kesehatan ibu dan anak usia dini, menjadi jembatan bagi penyebaran pengetahuan dan pendidikan, memberikan fasilitas proyek penelitian dan pendidikan hasil ChaMp. Pengetahuan orang tua yang baik akan berdampak pada anak.

Program ini dilakukan agar kualitas pendidikan indonesia dapat meningkat pesat. Tanoto melakukan berbagai cara agar taraf kehidupan masyarakat indonesia mengalami perubahan, apalagi dalam bidang pendidikan. Kegiatan tersebut dapat dilakukan dengan cara membiasakan membaca. Dari kebiasaan itu, maka anak dan keluarga Indonesia Cinta Membaca dan menjadikannya biasa untuk dilakukan.

3. HOPE 

Program ini merpukan sebuah model yang mampu meningkatkan ketrampilan dalam mengasuh tumbuh kembang anak usia 0-3 yang hidupnya berada di pedesaan. Model ini membuat Tanoto Foundation berkomitmen untuk membangun lebih dari 100 (seratus) tempat pusat pengasuhan bagi anak yang tumbuh kembangnya di desa pada wilayah Tiongkok di 5 Tahun ke depan. 

Lingkungan yang baik akan menciptakan stimulus yang baik dalam pembelajaran berbasis main. Dalam hal ini juga, Tanoto Fondation dapat menerapkan program ini di Indonesia. Karena, dampak yang dihasilkan akan membantu para orang tua di Indonesia dalam hal parenting. Program ini mendukung para pengasuh meningkatkan tumbuh kembang anak dengan berbagai cara.

Hal ini dapat dimulai dengan mulai membiasakan budaya membaca sejak dini terhadap anak, tentu imbangi dengan bermain agar anak cepat menyerap dan memahami apa yang sedang dipelajari. Parenting dengan sistem belajar sambil bermain ini sunggu membantu bagi tumbuh dan kembang anak, orang tua harusnya mengikuti tata cara ini agar anak dapat mendapatkan stimulus yang diberikan.

Semua program yang didirikan oleh Tanoto Foundation ini sangat membantu orang tua yang kesusahan dalam hal parenting dan mengembangkan keterampilan anak. Mulai dari menjembatani kegiatan pendidikan dan pengetahuan, penelitian tentang pengasuhan pendidikan, serta membahas peranan penting yang harus dilakukan orang tua untuk tumbuh kembang anak.

Tanoto Foundation percaya bahwa stimulasi pada anak usia dini adalah investasi terbesar dalam proses tumbuh kembang anak, salah satunya dengan membangun budaya membaca. Kepercayaan ini mendorong Tanoto Foundation untuk menggagas gerakan/kampanye #IndonesiaCintaMembaca

Jangan lupa Moms juga bisa ikutan lho kegiatan seru kompetisi sharing Momen baca bersama yang diadakan oleh Tanoto Foundation dan hadiahnya seru banget. Kompetisi berlangsung sampai bulan Desember 2020. Cek highlight #MomenBaca di IG : @tanotoeducation atau untuk informasi lebih lanjut di https://tanotofoundation.org/id/news/kompetisi-momenbacabersama-dapatkan-

0 komentar:

Posting Komentar