Minggu, 29 November 2020

Yuk Simak Efek Samping dan Manfaat Vitamin B Complex Menurut Pyfahealth.com

Yuk Simak Efek Samping dan Manfaat Vitamin B Complex Menurut Pyfahealth.com

Memiliki tubuh sehat tidak hanya bisa didapatkan melalui olahraga yang rutin saja, melainkan juga menjaga asupan nutrisi untuk tubuh. Banyak orang mengkonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayuran. Namun ternyata masih banyak asupan nutrisi yang tidak terpenuhi dari makanan. Menurut Pyfa Health ada banyak manfaat vitamin B untuk kesehatan tubuh. Berikut ulasannya.

Manfaat Dari Vitamin B Complex Untuk Tubuh

Asupan vitamin bagi tubuh diperlukan guna menghasilkan energi dan juga menjaga sistem metabolisme tubuh berjalan dengan baik. Banyak rumor yang beredar bahwa mengkonsumsi suplemen vitamin B complex bisa menyebabkan bobot badan naik. Padahal di sisi lain banyak manfaat yang bisa dirasakan setelah mengkonsumsi vitamin B complex secara rutin.

B complex terdiri dari berbagai jenis vitamin B, antara lain B1 atau Thiamin, B2 atau Riboflavin, B3 atau Niacin, B5 Asam Pantotenat, B6 Pyridoxine, B7 Biotin, B9 Asam Folat dan B12 Cobalamin. Masing masing memiliki manfaat bagi tubuh. Pada B1 atau Thiamin berguna untuk merangsang pertumbuhan dan memaksimalkan fungsi organ tubuh seperti pada otak dan juga hati.

Menurut Pyfa Health vitamin B2 atau Riboflavin berguna menghancurkan lemak dan sebagai kandungan pada obat. Pada B3 Niacin menjaga kulit, saraf dan juga pencernaan menjadi lebih sehat. Terkadang obat ini diresepkan dokter digunakan untuk menurunkan kolesterol. Pada B5 asam pantotenat berfungsi untuk memelihara kerja otak dan sistem saraf.

Vitamin B6 Pyridoxine untuk membantu tubuh agar bisa memproduksi lebih banyak sel darah merah dan bisa menghasilkan sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat lagi. Vitamin B7 atau Biotin berguna untuk memelihara rambut, kuku dan juga sistem saraf. Vitamin B9 Asam Folat biasanya dikonsumsi oleh ibu hamil karena berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Vitamin yang terakhir yaitu B12 atau kobalamin bermanfaat untuk mencegah anemia dan kekurangan nutrisi. Manfaat vitamin B complex cukup banyak dan berguna bagi sistem metabolisme tubuh. Sehingga dianjurkan bagi semua kalangan untuk mengkonsumsi rutin vitamin B complex sesuai dengan dosis kebutuhan bagi tubuh. Sehingga dapat terserap dengan baik oleh tubuh.

Efek Samping Vitamin B Complex

Konsumsi vitamin yang tidak sesuai dengan dosis tubuh dapat menyebabkan efek samping yang beragam. Terlebih dengan suplemen vitamin seperti B complex ini dijual secara bebas di pasaran. Ada berbagai kalangan masyarakat yang tidak memperhatikan dosis dengan benar dan mengkonsumsi vitamin dengan asal. Overdosis vitamin juga bisa menyebabkan efek samping yang berbahaya.

Salah satu efek samping dari overdosis vitamin B complex adalah berubahnya warna urin menjadi lebih mencolok dari biasanya. Hal tersebut dikarenakan vitamin yang dikonsumsi berlebih tidak bisa diserap dengan baik oleh tubuh. Vitamin jenis ini juga mudah larut pada air, sehingga tidak heran apabila dengan mudah vitamin ini keluar menjadi cairan ekskresi.

Selain itu, efek samping dari konsumsi vitamin yang tidak sesuai dengan dosis menurut Pyfa Health dapat mengakibatkan rasa mual dan ingin muntah, meningkatnya kadar gula dalam darah, kulit yang memerah, penglihatan yang buram dan sensitif pada cahaya, luka yang kulit yang terasa nyeri, kerusakan organ hati dan sistem saraf yang mengalami masalah.

Bagi anda yang ingin mengkonsumsi vitamin B complex lebih baik berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter atau bertanya mengenai dosis yang sesuai dengan tubuh kepada para apoteker. Sehingga nutrisi vitamin yang terkandung bisa terserap pada tubuh dengan baik dan menghindari resiko adanya efek samping akibat kesalahan dosis vitamin B complex.

0 komentar:

Posting Komentar