Minggu, 06 Desember 2020

Mengapa Mewujudkan Indonesia Cinta Membaca Itu Penting? Yuk Simak Disini

Mengapa Mewujudkan Indonesia Cinta Membaca Itu Penting? Yuk Simak Disini

Dewasa ini, membaca merupakan suatu hal yang sering dianggap membosankan. Bahkan, setiap anak seringkali lebih memilih untuk menonton video dibandingkan dengan membaca. Selain untuk mewujudkan Indonesia cinta membaca, ternyata kegiatan membaca memiliki banyak manfaat yang bisa diperoleh. Yuk simak selengkapnya disini.

Berikut Alasan Kegiatan Membaca Harus Dibiasakan

1. Meningkatkan Pemahaman Baru

Seorang yang gemar membaca seringkali memiliki pemahaman yang lebih luas. Hal ini dikarenakan berbagai buku selalu menghadirkan banyak wawasan yang bisa dipelajari. Bahkan, cerita-cerita lucu maupun novel yang dihadirkan dapat membuat anda memahami, menganalisis dan mengaitkan hal-hal tersebut pada kehidupan nyata.

Tentunya, pemahaman tersebut dapat membuat anda menjadi orang yang realistis dan tidak gegabah. Anda yang biasa membaca berbagai hal bahkan bisa mengetahui cara yang tepat untuk memperlakukan orang lain. Dalam hal ini, kebiasaan mencerna suatu cerita maupun kejadian dapat menjadi pengalaman terbaik yang dimiliki.

2. Meningkatkan Kreatifitas

Gerakan Indonesia cinta membaca yang dibentuk oleh Tanoto Foundation juga dapat menciptakan seseorang yang memiliki imajinasi dan kreatifitas yang tinggi. Tentunya, berbagai cerita yang dipahami dari kegiatan membaca seringkali membuat anak menganalisis suatu hal yang sudah terjadi maupun membangun impian baru yang ingin diwujudkan di masa depan.

Selain itu, bayangan karakter tokoh, kejadian dan lokasi suatu cerita juga dapat membangun suatu perasaan dan harapan. Tentunya, banyak membaca dapat membuat anda memiliki sudut pandang yang luas tentang kondisi permasalahan. Kebiasaan ini juga dapat melatih anda untuk membuat suatu hal baru dari kegiatan pengembangan kreativitas.

3. Mengurangi Stress

Kegiatan membaca juga dapat membantu untuk mengurangi stres. Dalam hal ini, anda bisa memilih cerita yang seru dan lucu maupun buku bacaan yang memiliki banyak gambar. Kegiatan membaca dalam hal ini juga dapat dihadirkan dalam momen baca bersama, yang bisa anda nikmati bersama putra dan putri anda.

Tentunya, anda bisa bebas berkreasi dan bercanda dengan si kecil mengenai sebuah cerita yang seru yang bisa diperagakan. Bahkan, anda juga bisa menikmati berbagi cerita dengan cara mengembangkan sebuah cerita dari bacaan yang baru saja kalian baca bersama. Hal ini tentu akan menjadi kegiatan menyenangkan yang bisa dinikmati bersama.

4. Meningkatkan Kekuatan Memori Otak

Kebiasaan membaca juga dapat melatih otak untuk terus mengingat tentang hal-hal menarik seperti tokoh, karakter, latar tempat, nuansa dan yang lainnya. Kebiasaan mencerna sebuah cerita ini akan terus tertanam dan merangsang otak agar menciptakan sinaps untuk memperbaiki ingatan agar tidak mudah lupa.

Hal ini tentu dapat melatih otak anda untuk terus berpikir kreatif dan logis terhadap berbagai hal. Bahkan, kegiatan membaca juga dapat menjauhkan anda dari risiko terkena penyakit alzheimer di usia lansia. Hal ini dikarenakan penyakit tersebut seringkali menyerang  otak seseorang yang jarang bekerja.

Itulah beberapa alasan yang harus dipertimbangkan agar anda membiasakan diri untuk rajin membaca. Kegiatan membaca bukanlah suatu beban. Bahkan, kegiatan membaca juga dapat menciptakan kegiatan seru jika dilakukan bersama dan dipadukan dengan kegiatan seru untuk mengembangkan cerita bersama sebagaimana kegiatan yang dilakukan Tanoto Foundation.

Tanoto Foundation percaya bahwa stimulasi pada anak usia dini adalah investasi terbesar dalam proses tumbuh kembang anak, salah satunya dengan membangun budaya membaca. Kepercayaan ini mendorong Tanoto Foundation untuk menggagas gerakan/kampanye #IndonesiaCintaMembaca 

Jangan lupa Moms juga bisa ikutan lho kegiatan seru kompetisi sharing Momen baca bersama yang diadakan oleh Tanoto Foundation dan hadiahnya seru banget. Kompetisi berlangsung sampai bulan Desember 2020. Cek highlight #MomenBaca di IG : @tanotoeducation atau untuk informasi lebih lanjut di https://tanotofoundation.org/id/news/kompetisi-momenbacabersama-dapatkan-

0 komentar:

Posting Komentar