Senin, 22 Februari 2021

4 Alat Keselamatan Wajib Saat Berada di Kapal Beserta Fungsinya


Kapal adalah salah satu alat transportasi laut yang pada umumnya digunakan untuk mengangkut barang ataupun juga penumpang. Adapun beberapa alat keselamatan wajib yang sebaiknya disediakan di dalam kapal. Guna untuk mengurangi resiko yang tidak diinginkan saat berada didalam kapal. Berikut beberapa ulasan mengenai alat keselamatan kapal beserta fungsinya.

Alat Keselamatan Wajib yang Sebaiknya Ada Di Dalam Kapal

1.Life Jacket 

Life jacket atau yang biasanya disebut dengan jaket pelampung, adalah hal wajib pertama yang harus ada di dalam kapal. Perangkat ini memang dirancang untuk membantu pemakainya. Baik secara sadar maupun dalam keadaan dibawah sadar (korban atau pemakai). Tujuan adanya pelampung ini untuk anda dapat tetap mengapung dengan mulut serta hidung yang berada diatas permukaan air. 

Seperti yang kita ketahui bahwa dalam setiap transportasi pasti memiliki resiko yang tidak diharapkan. Jaket pelampung ini akan sangat dibutuhkan khususnya disaat kondisi yang berbahaya. Setiap awak kapal maupun penumpang sebaiknya diberikan jaket pelampung. Guna saat terjadi bahaya, mereka bisa cepat mengevakuasi diri sendiri untuk dapat meninggalkan kapal.

2. Roket Parasut Signal

Alat keselamatan selanjutnya yaitu roket parasut signal. Sesuai dengan namanya, alat ini memiliki kemampuan untuk bisa memancarkan sinyal. Sinyal yang dimaksud adalah tanda minta bantuan atau signalling for help disaat anda berada pada kondisi darurat saat sedang berada di atas kapal.

Roket parasut signal memiliki bentuk seperti tabung. Biasanya alat ini tersedia di alat transportasi kapal maupun pesawat. Gunanya untuk memberikan sinyal di udara dengan jangka waktu yang lama.  Alat ini memiliki kegunaan untuk menunjukkan lokasi pengguna. Jarak ketinggiannya pun cukup besar, sehingga tim penyelamat bisa dengan mudah menemukan.

Untuk cara kerjanya, jika alat ini dinyalakan maka akan terdapat pelontar yang dapat melempar parasutnya ke arah atas dengan ketinggian tertentu. Kemudian bahan tersebut akan terbakar sehingga mampu menghasilkan cahaya terang. Cahaya inilah yang nantinya akan memberikan sinyal atau tanya isyarat bahwa sedang ada bahaya yang sedang terjadi.

3. Life Buoy

Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan life buoy atau pelampung keselamatan. Pelampung ini memang didesain dengan pewarnaan oranye. Tentunya desain tersebut memiliki tujuan untuk dapat memaksimalkan warna agar dapat dilihat dengan mudah oleh mata. Sehingga dengan begitu akan memudahkan untuk dapat melakukan tindakan penyelamatan.

Pelampung ini adalah alat apung yang dapat digunakan agar bisa menolong orang yang jatuh ke lautan atau orang yang tenggelam. Biasanya life buoy dipasang di beberapa lambung kapal. Tujuannya supaya memudahkan untuk dijangkau oleh orang-orang yang akan melakukan pertolongan ketika ada yang tenggelam. 

4. Inflatable Life Raft

Selanjutnya yaitu ada inflatable life raft. Jenis perangkat ini merupakan rakit penyelamat yang bisa digunakan untuk menyelamatkan penumpang saat kapal mengalami kecelakaan. Life Raft tentunya sangat penting untuk disediakan, apalagi untuk kapal-kapal yang mengangkut penumpang.

Singkatnya, life raft ini sebutan untuk perahu karet yang memiliki tenda pelindung, yang dilengkapi dengan berbagai obat, perbekalan seperti makanan dan minuman dalam keadaan darurat. Selain itu, life raft ini juga dirancang agar pemakainya bisa bertahan hidup selama satu minggu, atau selama menunggu tim penolong datang untuk memberikan bantuan.

Demikian beberapa alat keselamatan serta penjelasan singkat mengenai masing-masing fungsinya. Tentu saja alat keselamatan ini memiliki kegunaan untuk dapat menyelamatkan awak kapal maupun penumpang yang berada di dalamnya. Ada baiknya, jika memang alat  tersebut sudah tersedia, sebaiknya lakukan pengecekan berkala apakah alat keselamatan masih layak untuk digunakan.

1 komentar: