Senin, 01 Maret 2021

3 Faktor Imunitas Anak Menurun, Orang Tua Wajib Tahu

3 Faktor Imunitas Anak Menurun, Orang Tua Wajib Tahu

Memiliki buah hati yang sehat pasti menjadi keinginan semua orang tua. Apalagi disaat buah hati saat ini sedang dalam proses perkembangan diri. Namun tidak jarang juga ditemui beberapa anak yang tanpa disadari ternyata memiliki sistem imunitas yang menurun. Dalam upaya pencegahan, sebaiknya ibu perhatikan faktor imunitas anak menurun berikut ini. 

3 Faktor yang Menyebabkan Imunitas Pada Anak Menurun

1. Kurangnya Kegiatan Olahraga

Faktor yang dapat menurunkan sistem imun pada anak kesayangan anda yaitu kurangnya aktivitas fisik atau olahraga. Terkadang memang sedikit susah untuk mengajak anak berolahraga, apalagi jika anak tidak terlalu menyukai kegiatan fisik. Namun hal ini menjadi tugas tersendiri untuk anda sebagai orang tua. 

Perlu dicermati juga apabila tubuh kurang bergerak, maka dapat menyebabkan sel-sel darah putih menjadi tidak dapat mengalir secara sempurna ke seluruh tubuh. Jika terjadi seperti itu, maka secara otomatis leukosit pun tidak bisa bekerja dengan optimal untuk melawan virus atau bakteri yang masuk kedalam tubuh.

Selain untuk mencukupi kadar leukosit pada anak, mengajak rutin beraktivitas dengan berolahraga pun diperlukan untuk membuat kerja leukosit pada tubuh menjadi lebih cepat. Dan pastinya juga membuat imunitas anak meningkat. Untuk waktu olahraga sendiri umumnya bisa dilakukan dalam waktu kisaran yaitu 30 menit dalam satu hari. 

Ajak anak berolahraga dengan main permainan fisik yang menyenangkan pasti akan menarik perhatian anak kesayangan anda. Diantaranya seperti bermain lempar dan tangkap bola di lapangan terbuka, mengajaknya bermain lompat tali, atau pun mengajak anak untuk adu ketangkasan. Seperti lomba berlari yang diikuti oleh ayah dan ibu.

2. Selalu Berada Di Lingkungan yang Bersih

Banyak orang tua yang mengira kalau lingkungan anak harus selalu bersih. Dengan begitu, akan membuat anak terhindar dari berbagai serangan kuman dan bakteri yang tidak kasat mata. Namun faktanya anggapan tersebut ternyata salah dan malah menjadi tanggapan yang justru keliru. 

Jika anda menempatkan anak di lingkungan yang terlalu bersih secara terus-menerus, ternyata akan menyebabkan sistem imunitas anak menjadi kurang terlatih. Tentu saja karena anak jarang untuk terpapar dengan virus, bakteri, serta kuman. Hal ini berpengaruh kepada kekebalan tubuh anak. Yang mana ia menjadi tidak siap ketika harus melawan berbagai penyakit yang menyerang tubuhnya. 

3.Kurangnya Perolehan Nutrisi

Pada masa pertumbuhan terlebih pada anak yang sedang tahap aktif, tentu memerlukan banyak nutrisi untuk tubuhnya. Namun tidak hanya diperlukan guna penunjang tumbuh kembang, tetapi juga berguna untuk anak agar memiliki sistem imunitas serta daya tahan tubuh yang kuat.

Disaat anak tidak memperoleh cukup nutrisi, maka akan terjadi proses melambatnya perkembangan pada tubuh anak itu sendiri. Tidak terkecuali pada proses penghasilan leukosit atau sel darah putih yang memiliki fungsi berperan sebagai penghalau virus serta bakteri pun ikut melambat. 

Apabila kadar leukosit yang ada pada tubuh anak memiliki tingkatan yang  terlalu sedikit, maka secara otomatis daya tahan serta imunitas juga tentunya akan ikut melemah. Dengan begitu, virus, bakteri ataupun kuman yang mungkin berada di lingkungan rumahnya atau lingkungan bermainnya, akan cepat mudah masuk dan menyerang buah hati anda tanpa disadari. 

Selain itu, untuk memperoleh nutrisi yang seimbang anda juga perlu memberikan nutrisi penunjang seperti suplemen vitamin yang aman dikonsumsi untuk anak. Untuk mendapatkannya, anda bisa mengunjungi www.mskids.co.id untuk memberikan suplemen vitamin dari Ms Glow Kids Vitamin herboost herbal booster yang pastinya memiliki banyak khasiat dengan ekstrak rempah-rempah yang bermanfaat. 

Beberapa poin diatas diharapkan bisa membantu anda untuk menjaga imunitas pada anak. Mulai dari memberikan kegiatan rutin olahraga, mengajaknya bermain selain berada di tempat yang bersih, dan terakhir yaitu menambahkan perolehan nutrisi. Dengan begitu, diharapkan anak akan memperoleh imunitas yang lebih kuat. 

0 komentar:

Posting Komentar