Jumat, 08 Februari 2019

Mengenali 6 Penyebab Mulut Berbau Tak Sedap

Mengenali 6 Penyebab Mulut Berbau Tak Sedap

Bau mulut merupakan salah satu gangguan kesehatan mulut yang cukup menimbulkan keresahan. Terutama bagi Anda sedang bekerja di perusahaan jasa dan bertemu klien sedangkan mulut Anda berbau tidak sedap. Walau terdengar sepele, namun bau mulut ini bisa menurunkan tingkat kepercayaan diri. Terlebih jika Anda harus bertemu banyak orang. Bahkan bau mulut ini juga bisa jadi pertanda penyakit tertentu seperti liver atau diabetes.

Cara mengetes apakah Anda bau mulut atau tidak cukup mudah. Cukup hembuskan nafas ke kedua telapak tangan dan dekatkan ke mulut, jika berbau tidak sedap, berarti Anda memiliki mulut yang bau. Namun Anda tidak perlu risau, karena berdasarkan studi dari Academy Of General Dentistry, ada sekitar 80 juta orang yang mengalami keluhan tersebut. Dan menurut study tersebut, bau mulut bisa disebabkan oleh beberapa hal.

Penyebab Bau Mulut

Bau mulut merupakan keluhan yang sering dialami oleh beberapa orang dewasa, hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal. Namun yang paling utama biasanya kurang menjaga kebersihan mulut. Karena kebersihan mulut yang tidak terjaga akan membuat bakteri betah di dalamnya. Lalu apa sajakah penyebab lainya?

1. Gosok Gigi Tidak Tuntas
Kebersihan gigi yang buruk menyebabkan bau mulut karena sisa-sisa makanan yang terselip di sela-sela gigi akan membusuk dan menjadi sarang kuman. Bakteri tersebut akan menghasilkan gas yang baunya tidak sedap. Untuk menghindarinya cukup sederhana, gosok gigi saja yang teratur dengan menggunakan pasta gigi ber-fluoride. Atau jika perlu, lakukan flossing yaitu membersihkan sela-sela gigi dengan benang.

2. Mengkonsumsi Minuman dan Minuman Bau
Banyak sekali makanan dan minuman yang memiliki bau tajam seperti ikan, telur, kopi, bawang, makanan pedas. Makanan dan minuman tersebut pada dasarnya sudah berbau tajam dan mengandung sulfur, sehingga bisa berkontribusi terhadap bau mulut. Jika usai mengkonsumsi makanan dan minuman tersebut mulut menjadi bau, konsumsi saja permen Papermint agar bau tersamarkan. Namun solusi terbaik adalah menggosok gigi.

3. Makanan yang Serba Manis
Makanan manis seperti coklat, kue, permen memang bisa meningkatkan mood ketika menjalani aktivitas sehari-hari. Namun makanan ini bisa merangsang pertumbuhan bakteri pada mulut. Bakteri mulut akan lebih bersemangat jika makanan tersebut bersifat lengket seperti caramel, permen, coklat. Makanan manis ini menjadi tempat favorit bakteri-bakteri penyebab bau mulut.

4. Diet Karbohidrat
Ketika Anda sedang diet, biasanya Anda akan mengurangi konsumsi karbohidrat dan mengkonsumsi banyak protein. Jika seperti ini, tubuh akan membakar lemak sebagai sumber tenaga, di sini tubuh ada pada kondisi ketosis. Pada proses ini keton akan dihasilkan oleh tubuh, dan keton keton yang berlebih akan dikeluarkan melalui urine dan nafas, sehingga timbul bau mulut.

5. Rokok
Kebiasaan merokok dan bernafas dari mulut bisa menyebabkan mulut kering. Kondisi seperti ini bisa menyebakan radang tenggorokan, sulit bicara dan menelan, suara serak, dan lidah yang tidak sensitif. Jika Anda merokok, perbanyaklah konsumsi air putih, agar mulut tidak kering sehingga bau mulut bisa diminimalisir.

6. Alkohol
Alkohol memang dipastikan membuat mulut Anda terasa bau. Apalagi minuman seperti wine dan bir merupakan minuman yang bisa membuat tubuh menjadi dehidrasi dan mulut kering. Jika Anda memiliki kebiasaan minum-minuman beralkohol, iringi dengan mengkonsumsi buah agar tidak dehidrasi dan mulut menjadi kering.

Demikianlah 6 penyebab bau mulut yang penting untuk diketahui. Upayakan untuk selalu menjaga kebersihan mulut sehingga kesehatan mulut senantiasa terjaga. 

0 komentar:

Posting Komentar