Sabtu, 16 Maret 2019

Mengenal Pengertian Logo, Fungsi, dan Jenisnya

Mengenal Pengertian Logo, Fungsi, dan Jenisnya

Desain logo memang tidak bisa dibuat secara asal. Dalam membuat logo, harus diperhatikan betul apakah visi dan misi dari logo yang akan dibuat. Karena nantinya logo tersebutlah yang akan menjadi representasi dari suatu instansi maupun suatu produk. Bahkan pemilihan bentuk hingga warna logo saja harus benar-benar dirancang dengan baik.

Pengertian Logo

Logo adalah identitas yang dimiliki oleh suatu instansi atau perusahaan, maupun komunitas-komunitas yang direpresentasikan dalam bentuk gambar atau sketsa yang memiliki arti dan makna tertentu. 

Dengan adanya logo, masyarakat dapat mengenali perusahaan mana yang memiliki logo tersebut. Logo dapat menjadi pembeda antara perusahaan yang satu dengan yang lainnya. Terdapat komponen dalam logo yang dapat menjadi ciri khas. Salah satunya bentuk, warna, dan tulisan. Pembuatan logo tentunya harus memperhatikan banyak hal karena harus disesuaikan dengan profil perusahaan.

Logo harus memiliki filosofi dengan konsep yang sesuai dengan kriteria dari suatu perusahaan. Tanpa adanya filosofi, makna dan pesan pada logo tidak akan tersampaikan karena tidak ada landasan yang jelas dalam pembuatan logo. 

Fungsi Logo

Pembuatan logo suatu perusahaan tentunya memiliki fungsi tersendiri demi kelangsungan operasional perusahaan. Fungsi logo yaitu sebagai identitas/simbol dari suatu perusahaan. Selain itu, logo juga bisa difungsikan sebagai identitas produk/merek. Logo juga memiliki fungsi sebagai karakter suatu perusahaan untuk selalu diingat oleh masyarakat. Pembuatan desain logo sebaiknya memperhatikan kriteria di bawah ini agar logo dapat berfungsi sebagaimana mestinya;

a. Logo harus menarik
b. Logo harus simpel agar mudah diingat
c. Logo harus bersifat jangka panjang
d. Logo dibuat dengan sederhana agar mudah diaplikasikan dalam kemasan produk

Jenis-Jenis Logo

Logo memiliki jenis sesuai dengan karakter perusahaan masing-masing. Berikut adalah jenis-jenis logo yang perlu diketahui;

a. Word Mark Logo
Logo jenis ini lebih kepada penggunaan font tipografi. Logo ini tidak ada unsur gambar di dalamnya, sehingga berupa tulisan nama perusahaan tersebut. Misalnya logo Google, Youtube, Yahoo!, dan masih banyak lagi.

b. Pictorial Mark Logo
Logo jenis ini didesain dengan simbol yang memiliki makna tertentu. Simbol yang dibuat memiliki sifat unik dan kreatif. Misalnya logo simbol Apple, simbol Twitter, simbol Honda, dan lainnya.

c. Abstract Mark Logo
Logo jenis ini menggunakan gambar. Logo jenis ini memiliki bentuk geometris yang abstrak untuk mewakili semua jenis bisnis hanya dalam satu gambar. Misalnya Pepsi, Adidas, dan masih banyak lagi lainnya.

d. Letter Form Logo
Logo jenis ini menggunakan inisal perusahaan sebagai identitasnya. Inisial tersebut berupa singkatan huruf pada nama perusahaan. Misalnya CNN, HP, dan lain-lain.

e. Emblem Logo
Logo jenis ini diterapkan pada perusahaan otomotif dan klub-klub sepakbola. Logo ini memiliki tampilan yang lebih eksklusif karena memiliki desain yang detail berdasarkan nama perusahaan. Misalnya Manchester United, BMW, dan masih banyak lagi lainnya.

f. Mascot Logo
Jenis logo ini memberikan desain berupa simbol/gambar yang unik, sehingga mudah dikenali dan mudah diingat banyak orang. Biasanya berupa super hero atau kartun. Maskot logo ini berupa karakter atau tokoh. Misalnya logo KFC, hokben, dan lainnya.

Demikianlah pengertian logo, fungsi, dan jenis-jenisnya yang perlu diketahui. Logo dapat menjadi ciri khas/identitas suatu instansi untuk kelangsungan operasional perusahan tersebut. Oleh karena itu pastikan Anda membuat desain logo dengan tepat. Serahkan pada jasa desain agar logo dapat dibuat dengan benar. 

0 komentar:

Posting Komentar