Jumat, 23 Agustus 2019

Panduan Sewa Apartemen bagi Pemula

Panduan Sewa Apartemen bagi Pemula

Tinggal di apartemen kini menjadi salah satu alternatif solusi bagi Anda yang tinggal di perkotaan. Jika Anda sedang mencari hunian apartemen namun belum mampu untuk membeli satu unitnya, ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk sewa apartemen.
Apartemen menawarkan beragam keuntungan dibanding tinggal di rumah tapak. Apartemen umumnya dibangun di pusat kota sehingga berlokasi sangat dekat dengan area kantor yang padat maupun pusat perbelanjaan. Selain itu apartemen juga menawarkan beragam fasilitas yang tersedia di dalam kawasan. Berikut adalah panduan sewa untuk Anda yang masih pemula.

Tips yang Harus Diperhatikan ketika Sewa Apartemen Untuk Pertama Kali

Panduan ini akan membagi tahapan sewa ke dalam dua langkah. Meski langkah pertama dan kedua sebenarnya berkesinambungan, namun dua langkah ini berguna untuk memudahkan Anda dalam mengelompokkan tindakan yang akan dilakukan.

Langkah Pertama Sewa

1. Ketahui Budget Anda untuk Sewa
Langkah awal untuk menyewa hunian tentunya adalah mengetahui batasan anggaran yang Anda tetapkan dan miliki. Jangan sampai anggaran bulanan Anda hanya habis untuk sewa hunian saja. Mengingat masih banyak pos pengeluaran lain yang harus diperhatikan, tentunya Anda harus menetapkan berapakah anggaran yang mampu Anda penuhi khusus untuk sewa apartemen.
2. Ketahui apa yang Anda Inginkan
Maksudnya adalah Anda harus menetapkan pertimbangan-pertimbangan yang lebih Anda utamakan dalam memilih apartemen. Misalnya apakah Anda lebih mengutamakan apartemen yang lokasinya sangat dekat dengan tempat kerja agar tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi ataukah apartemen lebih murah namun jauh dari tempat kerja.
Menetapkan apa yang Anda utamakan ketika memilih apartemen sangat perlu. Hal ini dikarenakan apartemen yang dekat lokasi perkantoran biasanya berbiaya sewa mahal, sementara yang lokasinya jauh biasanya lebih murah. Sebaliknya Anda harus menyisihkan anggaran untuk transportasi harian jika memilih apartemen yang jauh.
3. Memanfaatkan Jasa Website atau Portal Pencarian Apartemen
Untuk memudahkan pencarian Anda, tidak ada salahnya memanfaatkan portal pencarian apartemen yang kini telah banyak tersedia di internet. Dengan menggunakan mesin pencari tentu akan lebih memudahkan Anda dalam menemukan apartemen yang tepat. Informasi lebih lanjut mengenai sewa hunian apartemen maupun kos-kosan, Anda bisa mengunjungi link berikut https://artikel.rumah123.com

Langkah Kedua Sewa

4. Pahami Surat Perjanjian Sewa dengan Teliti
Sewa apartemen akan melibatkan sebuah surat perjanjian yang ditandatangani kedua belah pihak, baik penyewa dan pemilik sewa. Di dalam surat ini biasanya tertera apa yang diperoleh penyewa dan kewajiban yang harus dipenuhi penyewa. Dalam surat ini juga terdapat biaya sewa yang telah dibayarkan beserta jangka waktu sewa yang disepakati. 
Surat perjanjian sewa sangat penting agar Anda dan pemilik sewa tidak dirugikan di kemudian hari. Surat penyewaan berguna sebagai bukti sah sewa.
5. Ketahui Fasilitas yang diperoleh
Apartemen umumnya akan menyediakan beragam fasilitas yang sangat bermanfaat untuk para penghuni. Ketahui fasilitas apa sajakah yang Anda peroleh ketika sewa. Misalnya terkait biaya listrik, air, internet dan sebagainya apakah sudah termasuk di dalam biaya sewa apartemen ataukah terpisah. Jika terpisah, artinya Anda harus menyiapkan tambahan dana untuk membayar fasilitas primer ini.
6. Memeriksa Setiap Bagian dalam Unit
Sangat penting untuk mengecek kondisi unit yang akan Anda sewa. Jangan sampai Anda menyewa unit apartemen yang bermasalah karena dapat membuat Anda mengeluarkan biaya lebih untuk perbaikan. Periksalah kondisi keran air, perangkat listrik, lampu, jendela, pintu maupun flush di WC. 

0 komentar:

Posting Komentar