Sabtu, 19 Oktober 2019

Mari Mengenal 4 Jenis Asuransi Kesehatan

Asuransi Kesehatan

Memiliki asuransi kesehatan dapat memudahkan Anda dalam mempersiapkan biaya kesehatan di masa tua. Meski semua orang tidak ingin mengalami sakit, namun tidak ada salahnya kalau Anda berjaga-jaga. Datangnya sakit tidak pernah ada yang tahu. Maka dari itu, Anda perlu mempersiapkan dana. Untuk persiapan dana ini dapat Anda lakukan dengan memiliki asuransi kesehatan syariah

Jenis Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan ini banyak sekali manfaatnya. Salah satunya, memudahkan Anda dalam pembayaran biaya pengobatan ke rumah sakit. Kemudian, jika Anda memiliki asuransi kesehatan, artinya tidak akan kesulitan mencari dana ketika mendadak sakit. Asuransi kesehatan ini memiliki beragam jenis. Apabila Anda berencana memilikinya, maka perlu mengetahui jenis asuransi kesehatan di bawah ini.

1. Asuransi Kesehatan Berdasarkan Kepemilikan
Penyelenggara asuransi kesehatan di Indonesia terbagi ke dalam dua lembaga, yaitu asuransi kesehatan pemerintah dan swasta. Perbedaannya tentu dari pengelolaan dan kepemilikan. 

2. Asuransi Kesehatan Berdasarkan Jenis Perawatan
Asuransi kesehatan yang berdasarkan jenis perawatan ini terbagi dua, yaitu asuransi kesehatan rawat inap dan asuransi kesehatan rawat jalan. Untuk asuransi kesehatan rawat inap, asuransi ini membiayai seluruh perawatan pasien yang akan diopname. Sedangkan asuransi kesehatan rawat jalan, asuransi ini membiayai perawatan pasien berupa pelayanan medis yang tidak mengharuskan pasien diopname.

3. Asuransi Kesehatan Berdasarkan Keikutsertaan
Berdasarkan keikutsertaannya, asuransi kesehatan syariah terbagi ke dalam dua kategori, yaitu wajib dan sukarela. Untuk kategori wajib, biasanya berlaku untuk seorang karyawan karena terikat dengan perusahaan. Sedangkan untuk kategori sukarela disesuaikan dengan kebutuhan Anda dan keluarga. 

4. Asuransi Kesehatan Berdasarkan Biaya yang Ditanggung
Berdasarkan biaya yang ditanggung, asuransi kesehatan terdiri dari tanggungan total dan tanggungan tinggi saja. Tanggungan total dapat membiayai seluruh kebutuhan Anda, mulai dari pengobatan, pemulihan, dan rawat inap. Namun, untuk tanggungan tinggi hanya dapat menanggung biaya yang besar, seperti operasi.

Demikianlah empat jenis asuransi kesehatan yang perlu Anda ketahui. Untuk saat ini sudah diberlakukan juga asuransi kesehatan syariah oleh lembaga swasta dengan kelebihan dan kekurangan tertentu. 

6 komentar: