Senin, 21 Oktober 2019

Tips Cermat Memilih Audio yang Bagus dan Berkualitas Untuk Mobil

Audio untuk mobil
Sumber: pinterest.com
Belakangan ini, banyak pemilik mobil yang gemar memodifikasi mobil kesayanganya. Hal ini bertujuan agar memberikan kenyamanan dan aman saat digunakan. Terutama jika sering digunakan dalam perjalanan jauh, pastinya kenyamanan pada fitur mobil menjadi hal pertama yang harus diperhatikan. Maka tak heran, jika banyak pemilik mobil yang kini rela menghabiskan banyak uang hanya untuk memodifikasi fitur-fitur pada interior mobil miliknya. 

Memodifikasi mobil juga bisa membuat perjalanan menjadi lebih nyaman dan seru karena hadirnya media hiburan di dalamnya. Salah satunya pada bagian bawaan pabrik yakni sound system yang memang dianggap terlalu biasa dan kurang keren. Fasilitas mobil satu ini tentunya kerap menjadi perhatian utama bagi pemilik mobil. Pasalnya audio bawaan pabrik ini cenderung minim pada kualitas suaranya. Sehingga membuat audio kurang nyaman untuk digunakan. Untuk itulah pemilik mobil lebih memilih menggunakan versi aftermarket yang memang memiliki kualitas suara lebih bagus dan hasilnya pun lebih sempurna. 

Namun, bagi kamu yang ingin membeli audio untuk mobil kesayangan ada baiknya kamu mempertimbangkan beberapa hal dalam memilih sound system berkualitas dan terbaik tentunya agar bisa memberikan hasil yang lebih bagus. Nah, kali ini kami akan membagikan beberapa tips dalam memilih audio yang bagus dan berkualitas untuk mobil. 

1. Pilih Merk Ternama dan Terpercaya

Pilih Merk Ternama dan Terpercaya
Sumber: pinterest.com
Bagi pemula yang akan membeli sebuah audio untuk mobil kesayangannya pastinya belum mengetahui tentang jenis-jenis audio yang cocok dengan kendaraannya. Untuk itu, disarankan untuk memilih audio dengan merk ternama dan terpercaya. Karena pada umumnya merk audio yang sudah terkenal itu mempunyai produk yang tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Kini sudah banyak berbagai merk audio mobil terkenal yang bisa kamu temui. Harganya pun sangat bervariasi. 

2. Uji Kualitas Suaranya 

Uji Kualitas Suaranya
Sumber: pinterest.com
Jika sudah menemukan audio yang pas dan sesuai dengan keinginan. Maka tips selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah dengan menguji kualitas suaranya. Sehingga kamu bisa mengetahui langsung kualitas suara yang dihasilkan dari audio tersebut. Hasil suara yang bagus adalah saat penyanyi vokal berada di tengah-tengah ketika di dengarkan. 

Disisi lain suara instrumen yang dihasilkan terdengar seperti suara yang asli. Pada suara bass tentunya harus terdengar didepan bukan dibelakang. Kamu bisa mencoba mendengarkan musik instrumen di audio tersebut dengan mengatur balancenya. Apabila kabel pada speaker terbalik maka suara yang dihasilkan nada rendah kurang dinamika. Memang untuk mendapatkan audio dengan hasil suara yang baik membutuhkan keahlian installer audio yang tepat. 

3. Perhatikan Bagian Fitur-Fiturnya

Perhatikan Bagian Fitur-Fiturnya
Sumber: pinterest.com
Untuk memilih audio yang bagus dan berkualitas ada baiknya kamu memilih sistem audio dengan pengaturan suara yang lengkap. Seperti, pengaturan pada kualitas suara, balance, fungsi bass, fade, trebel, automatic level control dan lain sebagainya. Pastikan juga audio yang kamu pilih telah dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti DVD, MP3 dan USB. 

Tidak hanya itu saja, kamu juga perlu melakukan pengecekan head unit nya. Bahkan kalau budget yang kamu punya itu lebih, ada baiknya kamu mengganti head unit standar dengan yang lebih berkualitas. Karena head unit standard umumnya memiliki kontrol audio yang tidak mumpuni. Untuk itu, pilihlah head unit yang telah dilengkapi dengan Rear, Front dan Sub yang berada di belakang tape. Sehingga bisa memberikan kualitas suara yang lebih baik. 

Baca juga: Masih Diminati, Inilah Kelebihan Supra X 125 FI

4. Ketahui Dulu Proses Instalasi

Ketahui Dulu Proses Instalasi
Sumber: pinterest.com
Langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah mengetahui tentang bagaimana proses instalasi pada audio tersebut. Dengan kamu mengikuti cara satu ini, maka kamu bisa mencegah terjadinya berbagai macam kesalahan suara pada mobil. Biasanya kamu akan diminta menyolder kabel speaker terlebih dahulu untuk menghindari kesalahan dalam pemasanganya. Selain itu, pemasangan speaker juga harus diberikan dudukan dengan bahan berkualitas seperti karet. Sehingga akan lebih aman ketika kaca mobil ingin diturunkan. 

5. Terakhir, Optimalkan Kerja pada Audionya

Terakhir, Optimalkan Kerja pada Audionya
Sumber: pinterest.com

Cobalah untuk mengoptimalkan hasil kerja audio mobil agar nantinya mendapatkan kualitas suara yang lebih baik. Contohnya saja, menambahkan peredam dinding pintu mobil yang dimana bertujuan untuk mengurangi suara bising dari arah luar. Agar lebih sempurna lagi, mungkin kamu bisa memberikan fitur subwoofer untuk memberikan hasil suara bass yang lebih maksimal. Selain itu, kamu juga bisa mengganti tweeter dan speaker bawaan dengan yang lebih bagus dan berkualitas. Pada umumnya, pembelian ini sudah terdapat dalam satu set sehingga menghasilkan suara yang lebih baik. 

Nah, itulah beberapa tips cermat dalam memilih audio yang bagus dan berkualitas untuk mobil kesayanganmu. Agar lebih detailnya lagi, mungkin kamu bisa berkonsultasi langsung dengan pihak bengkelnya. Sehingga kamu bisa mendapatkan audio yang diinginkan. Perlu diingat, kamu juga perlu melakukan perawatan pada interior mobil milikmu secara rutin. Agar audio pada mobil mu tetap terjaga kondisinya dan tahan lama. 

0 komentar:

Posting Komentar