Sabtu, 29 Februari 2020

6 Alasan Kenapa Kamu Sulit Tidur di Malam Hari, Awas Berbahaya!

Sumber : pennmedicine.org
Setelah sibuk melakukan aktivitas seharian penuh baik itu seperti, bekerja, kuliah atau sekolah, tentunya tubuh akan merasa lelah sehingga menginginkan tidur yang cukup dan nyenyak bukan? Inginnya sih setelah selesai beraktivitas langsung beristirahat di kamar, akan tetapi apa daya mata malah sulit untuk memejam dan berakhir sulit tidur atau insomnia. Mungkin sebagian orang menganggap ini adalah hal yang wajar-wajar saja. Tapi tahukah kamu, kalau insomnia yang terjadi terus-menerus tidak baik untuk kesehatan. Untuk itu, hal ini nggak boleh kamu biarkan terjadi. Karena insomnia dapat menjadi penyebab munculnya penyakit fisik maupun mental.

Nah, kalau kamu sering mengalami susah tidur di malam hari, coba deh cek beberapa penyebabnya di bawah ini. Awas, beberapa penyebab ini bisa berbahaya lho buat kesehatanmu! 

1. Bermain gadget sampai lupa waktu 

Sumber : hipwee.com
Di zaman yang serba digital saat ini bermain gadget sebelum tidur memang sudah menjadi kebiasaan setiap orang. Padahal hal ini bisa mempengaruhi jadwal tidur dan kesehatanmu lho. Selain itu efek bermain gadget hingga larut malam juga akan mempengaruhi kualitas tidurmu. Well, kebiasaan buruk ini sebaiknya kamu kurangi untuk menghindari timbulnya penyakit yang bisa mengancam kamu seperti, melemahnya kekebalan tubuh dan depresi. 

2. Lampu kamar yang terlalu terang dan tidak dimatikan juga bisa menjadi penyebab susah tidur

Sumber : hellosehat.com
Mengutip dari laman National Geographic, cahaya lampu yang terlalu terang juga dapat mengurangi produksi melatonin atau hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar pineal yang bisa menimbulkan rasa kantuk. Bahkan sebagian orang juga merasa kesulitan tidur karena cahaya lampu kamar yang terlalu terang. Itu sebabnya, matikanlah lampu kamarmu saat ingin tidur.

3. Suhu kamar dan suhu tubuh juga bisa menyebabkan timbulnya insomnia

Sumber : health.detik.com
Selain cahaya lampu yang terlalu terang, ternyata suhu tubuh dan suhu ruangan kamar juga bisa menjadi penyebab susahnya tidur di malam hari lho. Bahkan suhu kamar yang panas juga dapat menghambat tidur yang mencapai ke dalam fase bermimpi. Itulah kenapa kamu sering mengalami mimpi ketika suhu kamar lebih sejuk atau stabil. Nah, biar tidurmu tidak terganggu karena suhu kamar yang panas, sebaiknya sebelum tidur kamu mengecek suhu ac split atau ac rumahan yang ada di kamarmu. 


4. Terlalu banyak memakan makanan manis sebelum tidur

Sumber : liputan6.com
Jika kamu adalah tipe orang yang sangat suka memakan makanan manis sebelum tidur, sepertinya mulai sekarang kebiasaan ini harus kamu kurangi. Sebab memakan makanan manis di malam hari akan menyebabkan gula darahmu menjadi tinggi. Tentunya hal seperti ini akan sangat berbahaya bukan untuk kesehatanmu?

5. Terlalu banyak pikiran sehingga menyebabkan stress 

Sumber : hellosehat.com
Suatu masalah yang kita alami memang terkadang membuat pikiran menjadi stress sehingga sering mengalami sulit tidur.  Well, hanya dengan memikirkannya tanpa mencari jalan keluarnya malah akan membuatmu semakin stress dan hanya membuang waktu tidurmu saja. Lalu bagaimana cara mengatasinya?  Untuk mengatasinya, kamu harus menjernihkan terlebih dahulu pikiranmu dari beberapa masalah yang kamu hadapi saat ini. Memang tidak gampang, tapi dengan pikiran yang tenang akan membuat masalah juga cepat teratasi, bukan?

6. Kurangnya berolahraga atau kurang melakukan aktivitas yang berkeringat

Sumber : hellosehat.com
Selain 5 penyebab di atas, sulit tidur di malam hari ternyata bisa disebabkan karena kurangnya berolahraga atau kamu kurang melakukan aktivitas yang mengeluarkan banyak keringat di siang hari. Sehingga tubuhmu tidak merasakan lelah dan tidur tidak dijadikan sebagai pilihan oleh tubuh.

Untuk itu, kamu perlu rajin berolahraga jika ada waktu senggang. Minimal seminggu sekali atau saat sore hari kamu bisa melakukan jalan-jalan kecil yang berkeringat. Selain bisa membuatmu kamu cepat tertidur, dengan berolahraga yang rutin kesehatanmu juga akan tetap terjaga.

Beberapa waktu belakangan ini memang banyak orang yang nggak sadar kalau 6 penyebab di atas bisa menimbulkan insomnia. Maka dari itu, kamu harus bisa menghindari hal-hal yang menjadi penyebab kamu sulit tidur. Karena kalau kamu biarkan terus-menerus, fisik dan mental juga akan terganggu. Be healthy guys! 

0 komentar:

Posting Komentar