Rabu, 12 Februari 2020

Headlamp Mobil Anda Kusam? Ini Cara Cepat Membersihkannya!

Headlamp Mobil

Mobil memiliki banyak komponen yang sangat penting keberadaannya untuk keamanan dan keselamatan. Salah satunya adalah lampu yang memiliki fungsi utama sebagai pemberi cahaya dan pemberi pertanda. Lampu mobil sendiri ada banyak macamnya. Satu yang paling besar dan memiliki fungsi vital adalah lampu depan atau headlamp. Headlamp berada di bagian depan mobil tepatnya di atas bumper untuk memberikan cahaya ke bagian jalanan depan sehingga pengemudi bisa melihat jalan dengan baik. Selain itu, headlamp mobil juga memiliki fungsi untuk memberi pertanda kepada pengguna jalan lainnya khususnya yang berasal dari arah berlawanan bahwa ada mobil Anda yang akan berpapasan. Pentingnya lampu headlamp ini membuatnya tak boleh mati terutama di malam hari sehingga Anda harus selalu mengecek kesiapannya.

Permasalahan yang sering dihadapi oleh pemilik mobil pada lampu headlampnya adalah lampu menjadi kurang tajam atau redup. Masalah ini bisa jadi dikarenakan oleh bohlam lampu yang semakin tua atau karena headlamp alias rumah lampu yang kotor atau menguning. Jika redupnya lampu utama disebabkan oleh bohlam, Anda bisa memeriksa kelistrikan terlebih dahulu sebelum menggantinya. Ganti lampu bohlam headlamp dengan lampu yang sesuai dengan standar lampu bawaan agar bisa memberikan terang yang maksimal. Untuk membelinya, Anda bisa mendapatkannya di Rumah Modifikasi yang menyediakan berbagai jenis lampu bohlam mobil secara online sehingga Anda bisa membeli tanpa perlu keluar rumah.

Namun jika yang menjadi masalah adalah headlamp atau kaca lampu yang menjadi kuning atau kotor akibat debu dan tanah, maka Anda tak perlu menggantinya dengan yang baru karena hanya perlu dibersihkan saja. Untuk hasil yang maksimal, berikut ini adalah cara membersihkan headlamp mobil yang kotor:

  1. Siapkan alat yang dibutuhkan yaitu lap dari bahan kaos yang bersih dan lembut, air dan kompon.
  2. Guyur headlamp menggunakan air secara perlahan sambil diusap agar bagian debu dan lumpur hilang. Jika lumpur membandel Anda bisa menggunakan bantuan sikat gigi untuk menghilangkannya.
  3. Setelah bersih, oleskan kompon tipis-tipis namun merata pada permukaan kaca headlamp. Biarkan selama 10 hingga 15 menit untuk menyerap kotoran.
  4. Setelah itu usap menggunakan bahan lap kaos yang bersih tadi hingga sisa kompon habis.
  5. Untuk menyempurnakannya, guyur kembali headlamp dengan air lalu usap kembali agar sisa kompon hilang.
  6. Jika Anda tak memiliki kompon, bisa menggunakan pasta gigi.

Cara diatas adalah untuk membersihkan headlamp agar tak kotor dan menguning sehingga cahaya lampu bisa terang maksimal. Selain membersihkan secara rutin, Anda juga perlu melakukan pencegahan agar headlamp Anda tak mudah menguning. Caranya adalah dengan selalu parkir di tempat yang teduh terutama di siang hari. Sinar matahari siang mengandung UV yang dapat membuat permukaan kaca headlamp cepat kuning sehingga menghalanginya untuk meneruskan sinar lampu. Selain itu Anda juga bisa menggunakan wax untuk melindungi kaca dari pengaruh sinar UV.

Untuk lampu, headlamp mobil, wax dan berbagai kebutuhan serta aksesoris mobil lainnya, Anda bisa mendapatkannya di Rumah Modifikasi yang merupakan toko online khusus otomotif. Rumah Modifikasi memiliki koleksi lengkap kebutuhan mobil Anda misalnya lampu bohlam, reflektor, body kit dan aksesoris lainnya. Dengan mencari kebutuhan mobil Anda di Rumah Modifikasi, Anda bisa memilih dengan lebih leluasa tanpa perlu meninggalkan rumah atau pekerjaan Anda sehari-hari.

0 komentar:

Posting Komentar