Kamis, 06 Februari 2020

Pentingnya Tes Gula Darah Menurut SehatQ.com

Tes Gula Darah

Munculnya sebuah startup baru yang bergerak di bidang kesehatan dengan nama SehatQ.com yang menciptakan sebuah aplikasi yang dapat berperan sebagai sarana pertolongan pertama pada saat kamu dan keluarga jatuh sakit.

SehatQ menawarkan konsep sehat dalam genggaman, jadi semua kebutuhan kesehatan para pengguna kini dapat diakses melalui satu aplikasi, seperti untuk pencarian informasi tentang kesehatan, melakukan chat yang realtime dengan dokter, hingga layanan booking dokter jika ingin berobat ke rumah sakit atau klinik.

Selain itu, juga tersedia fitur tindakan medis yang tersedia dalam situs sehatQ.com ini, fitur tindakan medis tersebut berisikan tentang banyak hal, seperti tes kehamilan, Mammogram, cryotherapy, Infus Vitamin C, Operasi Tiroid, Kateter Suprapubic dan juga ulasan lengkap mengenai Tes Gula Darah yang sangat penting untuk kamu ketahui.

Tes gula darah atau glukosa darah merupakan tes yang berguna untuk mengukur jumlah gula dalam tubuh yang merupakan sumber energi utama tubuh. Dalam kondisi sehat, glukosa akan diubah tubuh melalui bantuan hormon insulin. 

Sementara bagi penderita diabetes, tubuh tidak akan cukup memproduksi insulin sehingga hormon insulin tidak dapat bekerja dengan optimal sehingga menyebabkan glukosa darah akan menumpuk. Ada beberapa macam tes gula darah yang dapat kamu ketahui dan kamu pahami, berikut diantaranya.

Gula Darah Puasa

Tes gula darah puasa biasa dilakukan pertama kali untuk memeriksa apakah kamu mengalami pradiabetes atau diabetes. Seperti namanya, pemeriksaan gula darah puasa mewajibkan kamu untuk puasa selama 8 jam sebelum tes. Karena cek gula darah puasa dilakukan pagi hari, maka pasien diminta tidak makan dan minum pada malam hari.

Gula Darah 2 Jam Setelah Makan

Tes gula darah 2 jam setelah makan merupakan lanjutan dari gula darah puasa. Pasien diambil sampel darahnya setelah puasa 8 jam penuh, dan akan  diminta untuk makan dengan jumlah kalori yang ditentukan. Selang 2 jam setelah makan, kadar gula darah akan diperiksa kembali.

Gula Darah Sewaktu

Tes ini merupakan tes kadar gula darah yang paling mudah dan sederhana, karena bisa dilakukan kapan saja dan tidak perlu melakukan puasa. Namun pemeriksaan ini umumnya hanya dilakukan pada penderita diabetes. Tes gula darah sewaktu bisa menjadi acuan untuk mendiagnosis diabetes melitus, di samping menjadi alat pengontrol gula darah harian. 

Hemoglobin A1C

Pemeriksaan ini mengukur gula darah yang melekat pada hemoglobin. Tes Hemoglobin A1C dilakukan untuk mengetahui jumlah rata-rata gula darah dalam tiga bulan terakhir. Bila kadar Hemoglobin A1C di atas 6,5 persen maka kemungkinan kamu menderita diabetes. Kadar antara 5,7 persen-6,5 persen masuk kategori pradiabetes. Angka di bawah 5,7 persen masuk kategori normal.

Tes Toleransi Glukosa Oral

Tes ini dilakukan untuk mendiagnosis pradiabetes dan diabetes. Pengujian ini dilakukan setelah berpuasa 8 jam dan gula darah diukur. Selanjutnya kamu diminta minum cairan gula dan dua jam kemudian gula darah kamu akan diukur kembali. Tes ini juga biasa digunakan untuk mendiagnosis diabetes yang terjadi selama kehamilan.

Beberapa macam Tes Gula Darah di atas dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Dengan melakukan pemeriksaan secara rutin, maka Anda dapat terhindar dan mencegah penyakit diabetes atau penyakit gula darah. 

Nah, sekarang kamu sudah tau kan, dimana harus mencari informasi lengkap dan akurat mengenai kesehatan. Jadi, langsung saja kunjungi situs SehatQ.com secara gratis, hanya dengan ponsel ataupun PC yang didukung koneksi internet dimanapun dan kapanpin kamu mau.  

1 komentar:

  1. gula merah bisa menjadi solusi bagi anda penderita diabetes, karena gula merah lebih sedikit mengandung glukosa

    BalasHapus