Selasa, 24 Maret 2020

Cara Merawat Rambut Agar Sehat dan Berkilau

Merawat Rambut

Mengalami rambut rontok, kering, kusam, bau dan bercabang memang membuat kita tidak percaya diri. Bahkan tidak sedikit orang yang rela mengeluarkan banyak uang untuk mengatasi masalah tersebut. Padahal untuk mengatasi masalah rambut rontok, kita tidak harus  pergi ke salon dan mengeluarkan banyak uang, karena saat ini sudah ada produk Penebal Rambut Instan yang membantu untuk menutupi area rambut yang tipis dengan harga yang terjangkau.

Selain itu, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk merawat rambut agar tetap sehat, lembut, dan indah berkilau tanpa harus ke salon. Berikut diantaranya.

Memilih Produk Sesuai Jenis Rambut

Cara merawat rambut yang pertama adalah mengenali jenis rambut kamu apakah cenderung kering atau berminyak. Bila sudah mengetahuinya, kamu harus menyesuaikannya dengan sampo dan kondisioner yang akan kamu pakai berdasarkan jenis rambut kamu. Dengan memakai produk perawatan rambut yang sesuai dengan rambut kamu, bisa memperbaiki kerusakan pada rambut seperti rambut rontok, patah, juga bercabang.

Keramas dengan Air Dingin

Ternyata, keramas dengan air dingin bisa membantu mencegah rambut rontok dan membuat peredaran darah menjadi lancar. Tidak hanya itu, air dingin bisa menjaga kekuatan akar rambut dan bermanfaat menjaga rambut agar tetap berkilau dan lembut.

Menyisir Rambut dengan Benar

Kebiasaan menyisir rambut juga sangat berpengaruh dalam kesehatan rambut kamu. Perlu diketahui, jika cara menyisir yang benar adalah dengan menyisir bagian ujung rambut terlebih dahulu baru bagian atasnya. Hal ini dikarenakan menyisir dari atas terlebih dulu bisa membuat rambut rontok dan patah akibat rambut yang kusut.

Lakukan Perawatan Mandiri Secara Rutin  

Banyak macam perawatan rambut yang sebenarnya dapat kamu lakukan sendiri di rumah. Di antaranya adalah memakai masker dan vitamin rambut. Pemakaian masker dan vitamin rambut yang teratur akan menutrisi rambutmu sehingga rambut akan tumbuh subur.

Hindari Sinar Matahari Secara Langsung

Sinar ultraviolet langsung sangat tidak baik untuk rambut karena dapat membuat rambut tampak kusam dan kering. Karena itu, gunakan pelindung bagi rambutmu ketika akan beraktivitas di luar ruangan seperti memakai payung atau topi. Setidaknya cara sederhana ini akan melindungi rambutmu dari paparan sinar matahari secara langsung. Dengan begitu rambutmu akan tetap terjaga kelembapan dan terhindar dari kusam atau bahkan bau matahari.

Konsumsi Makanan Bergizi Tinggi 

Makanan mempunyai peranan penting untuk membuat rambutmu tumbuh subur. Kamu harus mengonsumsi makanan bergizi karena rambut memerlukan nutrisi untuk tumbuh lebat dan subur. Kulit kepala, folikel rambut dan batang rambut 90% terbuat dari protein, karenanya makanan yang mengandung protein tinggi sangat bermanfaat bagi pertumbuhan rambutmu.

Kelola Stres dengan Baik 

Stres dapat membuat rambutmu rontok. Bahkan, riset menunjukkan bahwa stres yang menyebabkan rambut rontok dan kebotakan mencapai 5 persen. Pada tahap ringan, stres mungkin hanya akan menyebabkan kerontokan rambut. Namun ketika stres sudah berlebihan, maka kebotakan bisa jadi ancaman.

0 komentar:

Posting Komentar