Rabu, 06 Mei 2020

5 Trik Mencegah Ponsel Hilang atau Dicuri

Mencegah Ponsel Hilang

Semua orang pasti memiliki perangkat gawai yang menjadi alat komunikasi modern. Tak hanya sekadar alat komunikasi saja, ponsel sudah berubah menjadi salah satu kebutuhan hidup Millenial. Bahkan banyak orang mengaku tidak bisa hidup tanpa keberadaan ponsel di genggaman. Ya, ponsel bisa menjadi alat untuk mencari informasi, selancar di media sosial, belajar, dan lain-lain. Kalau ponsel kesayangan hilang atau dicuri, Anda bisa kelabakan, bukan? Sebaiknya Anda ketahui cara melacak hp Android hilang lewat Google yang mudah.

Demi mencegah terjadinya pencurian atau ponsel hilang karena keteledoran Anda sendiri, simak cara jitu mengantisipasi kejadian tidak terulang berikut ini!

1. Selalu aktifkan GPS atau location 

GPS atau location pada ponsel pintar bisa membantu Anda menemukan perangkat yang mungkin terjatuh atau hilang. Setidaknya Anda bisa menggunakan fitur Find My Device yang login lewat akun Google sama di PC. Meskipun ponsel Anda sudah hilang dan tidak ditemukan, Anda bisa mengamankan file atau data-data yang ada. 

2. Unduh aplikasi yang bermanfaat saat ponsel pintar hilang 

Langkah penting yang harus Anda lakukan agar bisa menyelamatkan data penting selama ponsel pintar hilang adalah unduh aplikasi berguna. Misalnya Anda bisa mengunduh aplikasi Lookout yang bisa memotret foto dari kamera depan ponsel pintar, memberi alarm ke email pengguna saat ada aktivitas kartu SIM dilepas, ponsel pintar dimatikan, dan lain-lain. 

Menarik, bukan? Selain Lookout, Anda juga bisa mengunduh aplikasi Cerberus yang memiliki fitur lebih lengkap. 

3. Menggunakan akun login dan aktifkan sinkronisasi

Bukan hanya harga ponsel pintar yang membuat Anda mungkin sedih saat gawai kesayangan hilang, namun data-data yang tersimpan dalam perangkat tersebut. Wajib mempraktikkan cara melacak hp Android agar Anda tahu lokasi terakhir ponsel tersebut. 

Jika ponsel memang sudah hilang atau dicuri, minimal Anda bisa mengamankan data-datanya. Oleh sebab itu, Anda wajib menggunakan akun login dan mengaktifkan sinkronisasi. Setidaknya Anda bisa mengamankan data chat atau fitur aplikasi lain. 

4. Melakukan back up data ponsel pintar Android ke Cloud

Teknologi telah berkembang semakin modern sehingga Anda bisa menyimpan semua data dalam langkah praktis. Google Drive akan membantu Anda untuk tetap menyediakan data meskipun ponsel pintar telah raib. Saat Anda memotret pertama kali, Google Drive akan melakukan back up secara otomatis. Sedangkan data penting lain berupa file penting bisa Anda unggah manual ke Google Drive, ya!

5. Memberikan pengamanan dengan membuat kode password rumit 

Hal yang perlu Anda lakukan adalah membuat kode password rumit, namun tetap mudah diingat. Anda bisa menggunakan kode PIN, pola atau kata kunci biasa yang bisa mencegah atau antisipasi ponsel hilang. Dewasa ini, ponsel pintar telah dibekali dengan sidik jari atau fitur kata kunci wajah dan retina pemilik. 

Anda memang bisa mencoba cara melacak hp Android yang hilang agar tahu keberadaan terakhir. Jika ponsel pintar diambil orang lain atau dicuri, setidaknya Anda bisa mengamankan semua data penting yang tersimpan. 

0 komentar:

Posting Komentar