Sabtu, 23 Mei 2020

Jangan Sembarangan Menuruti “Ngidam” Karena Bisa Berbahaya! Ikuti Tips Berikut!

Hamil

Kalau Anda baru saja mengandung, umumnya Anda akan mengalami sensasi "ngidam". Kondisi ini ditandai dengan perasaan ingin memakan jenis makanan tertentu entah makanan yang mengandung rasa asam, daging dsb. Sebagian orang menganggap "ngidam" ini harus dituruti karena jika tidak bayi yang lahir dipercaya akan suka "ngiler" sehingga harus dituruti. Kalau dari kacamata ilmiah, kepercayaan ini tidak bisa dikatakan salah sepenuhnya, tapi juga tidak bisa dikatakan benar. "Ngidam" adalah kondisi dimana tubuh membutuhkan zat-zat tertentu. Kalau Anda menginginkan makanan asam dan berbau susu, artinya tubuh Anda sedang membutuhkan kalsium dan vitamin C. Jika ini terjadi, Anda bisa mengkonsumsi Prenagen Yogurt Strawberry untuk mencukupi kebutuhan kalsium dan vitamin C. Kalau Anda menginginkan jenis makanan lain, mungkin Anda memahami rangkuman penting berikut ini. 

Memahami Fakta Tentang "Ngidam" Bagi Ibu Hamil

"Ngidam" ini memunculkan banyak sekali teori dari para ahli, dimana Anda kerap menginginkan kombinasi makanan tertentu dan bahkan makanan ini sebelum Anda hamil, Anda tidak ingin mencobanya. Masalahnya, ketika Anda memenuhi jenis makanan tertentu ini apakah makanan ini aman atau tidak kita kerap tidak tahu. 

Andrei Rebarber, MD dari NYU Medical Center di New York menjelaskan kondisi "ngidam" ini sebenarnya masih menjadi misteri. Tapi ia berkesimpulan bahwa ketika seorang wanita hamil menginginkan jenis makanan tertentu, itu merupakan sinyal tubuh agar memenuhi jenis nutrisi yang belum terpenuhi secara maksimal. Misalnya ketika Anda tiba-tiba mengidam acar, kemungkinan tubuh sedang kekurangan sodium. Ketika Anda mengidam es krim latte atau coklat, tubuh mungkin sedang kekurangan lemak atau kalsium. 

Menurut Rebarber, ketika wanita hamil sedang "ngidam" ini bukan berarti tubuh menginginkan makanan spesifik seperti yang Anda pikirkan di saat itu, akan tetapi ini hanya sinyal tubuh yang membutuhkan sejumlah zat yang terkandung dalam makanan tersebut. Hanya saja, lidah Anda mengajarkannya menjadi jenis makanan tertentu. Indra perasa di sini berperan penting dalam hal menerjemahkan kebutuhan nutrisi tubuh. Di samping itu, indra penciuman juga berpengaruh besar. Makanya ketika merasakan atau mencium bau tertentu, terkadang terasa mual dan muntah. 

Bagaimana Cara Mengatasi "Ngidam" Yang Berujung Konsumsi Makanan Tidak Sehat?

Sayangnya, tidak semua jenis "ngidam" itu sama. Beberapa ibu hamil mungkin menginkan donat, es krim dan makanan berlemak, kemudian Anda memakan semua makanan tersebut, pastinya akan ada efek sampingnya, yaitu berat badan Anda bisa naik drastis. Jika Anda berisiko terkena diabetes, tentu saja ini bukan kabar yang baik. Menuruti keinginan untuk makan-makanan manis bisa mengarah ke akibat yang lebih buruk kedepannya. 

Ahli nutrisi Samantha Heller, MS, RD mengatakan kalau wanita hamil tidak harus menuruti makanan yang diidamkan, tapi memahaminya dahulu lalu mencari alternatif yang lebih sehat. Hal ini sangat penting untuk menjaga si kecil dari asupan makanan yang membahayakan. 

Lalu bagaimana caranya? Menurut para ahli, kunci utama mengatasi ngidam adalah dengan memecahnya menjadi detail-detail penting. Jadi ketika Anda ingin sesuatu, jangan langsung dituruti. Misalnya, Anda ingin memakan es strawberry, cobalah untuk memecahnya menjadi beberapa detail penting. Apakah Anda terus-terusan ingin sesuatu yang dingin, creamy, lembut dan manis. Apakah strawberry benar-benar yang Anda inginkan. Nah, ketika Anda sudah memahami polanya, Anda bisa mencari alternatif yang sehat dan tidak terlalu banyak mengandung gula.

Misalnya dalam kondisi ini Anda bisa mengkonsumsi Prenagen Yogurt Strawberry. Prenagen mempersembahkan produk yang membantu Anda memenuhi kebutuhan nutrisi selama hamil tanpa harus melupakan aspek kesehatannya. 

Produk ini didesain dalam bentuk serbuk yang bisa dikonsumsi kapanpun Anda mau. Rasanya pun segar dan lezat sehingga bisa dikonsumsi setiap hari. Anda bisa melarutkan yogurt bubuk ini dengan air dingin. 

Nah, apa saja kandungan yogurt dari Prenagen ini?

Ada banyak sekali kandungan bermanfaat yang dibutuhkan tubuh, misalnya vitamin B6, vitamin D, kalsium, protein, asam folat, zat besi hingga omega-3. Yogurt ini rendah lemak dan mengandung probiotik yang sangat baik bagi pencernaan. Di saat hamil Anda pastinya kerap mengalami sembelit karena perubahan hormon. Nah dengan bantuan yogurt dari Prenagen ini, sembelit Anda bisa diatasi. 

Kesimpulan, mengidam ini sebenarnya bukan sesuatu yang buruk, tapi Anda tetap harus mengendalikannya dan pahami dulu rasa apa yang sebenarnya Anda inginkan dari makanan tersebut sehingga Anda bisa mencari alternatif lebih sehat.

0 komentar:

Posting Komentar